berakhlak bangga melayani bangsa

  •   Jumat, 19 April 2024

PERTEMUAN IKAHI, PANITERA DAN SEKRETARIS SE – BALI KINTAMANI, 28 JUNI 2018


Kintamani, 28 Juni 2018, bertempat di Resto Apung diadakan acara rutin Pertemuan IKAHI, Panitera dan Sekretaris Se – Bali dengan Pengadilan Negeri Bangli sebagai tuan rumah dengan mengundang seluruh Hakim, termasuk para Cakim yang ditempatkan pada beberapa Pengadilan Negeri wilayah hukum Bali, seluruh Panitera, Sekretaris dan Dharmayukti Karini Wilayah Bali.

Acara dibuka dengan tarian puspanjali, menyanyikan lagu kebagnsaan Indonesia Raya, Mars dan Hymne IKAHI, dilanjutkan pengucapan Tri Prasetya Hakim yang diucapkan oleh Bapak Sutoyo, SH., M.Hum (Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Bali) yang dikhususkan dan diikuti oleh seluruh Hakim.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari tuan rumah yang diwakili oleh Ketua Panitia Bapak­­­ Kristanto Sahat Hamonangan Sianipar, SH., MH (Wakil Ketua - Hakim Pengadilan Negeri Bangli) sambutan dan arahan dari Bapak I Ketut Gede, SH., MH (Ketua Pengadilan Tinggi Bali) dalam sambutannya Ketua PT Bali mengungkapkan kegiatan ini sebagai ajang silaturahmi bagi para Hakim Se-Bali, Panitera dan Sekretaris, kemudian ditambah adanya materi yang disampaikan pada pertemuan ini nantinya akan menjadi ilmu bagi seluruh peserta yang hadir dan dapat mengimplemntasikan/mewujudkannya dengan teliti cerdas dan cermat dalam menjalankan tugas sesuai dengan kode etik serta pesan kepada CAKIM disampaikan agar dapat belajar dan menimba ilmu yang ada selama masa habituasi pada satker masing-masing, dan tak lupa Ketua PT Bali mengucapkan selamat hari raya idul fitri mohon maaf lahir danbatin kepada seluruh umat muslim yang merayakan.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan buku Pedoman Mengadili Perkara Perempuan Berhadapan Dengan Hukum dari Ketua Pengadilan Tinggi kepada seluruh KPN Se-Bali, kemudian acara dilanjutkan pembacaan doa dan penyampaian laporan keuangan oleh Bendahara IKAHI Daerah Bali.

Pada kegiatan pertemuan ini juga diisi dengan 2 (dua) agenda Sosialisasi PERMA Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pedoman Mengadili Perkara Perempuan Berhadapan Dengan Hukum oleh Ibu Dr. Sudharmawatiningsih, S.H.,M.Hum (Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Bali ) dan Sosialisasi PERMA Nomor 3 Tahun 2018 tentang Administrasi Perkara Pengadilan Secara Elektronik oleh Bapak Made Ngurah Atmadja, SH (Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Bali). Sosialisasi tersebut dipandu atau yang menjadi moderator adalah Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Bali. Pada akhir kegiatan pertemuan tesebut disampaikan yang menjadi tuan rumah untuk pertemuan selanjutnya adalah Pengadilan Negeri Amplapura dan disampaikan pula bahwa Bali juga akan menjadi tuan rumah untuk acara PTWP / MA Cup tahun 2018.

Pada akhir kegiatan seluruh peserta yang hadir menyanyikan lagu Pada Mu Negeri dan sebelumnya Wakil Ketua PT Bali memberikan closing statement sebagai berikut:

  1. Dengan adanya CAKIM di 4 wilayah hukum Bali diharapkan kepada para Ketua PN, Wakil PN dan para Hakim pada 4 wilayah hukum Bali tersebut agar memberikan bimbinganm arahan, pembinaan guna membangun SDM yang komptetitf karena dalam seleksi CPNS /Cakim pada tahun 2017 melalui proses yang ketat yang diadakan kerjasama dengan beberapa instansi dan melalui proses CAT, Psikotes, Wawancara;
  2. “Technology for Justice” - tingkatkan peran hakim dalam memajukan teknologi reformasi guna mendukung reformasi peradilan;
  3. Sikap perilaku dan etika yang baik akan membawa kita sukses jangan sampai merasa pintar tetapi tidak beretika, dalam persidangan harus menjunjung tinggi etika ketika perkara Perempuan Berhadapan Dengan Hukum.
  4. PT Bali sebagai kapal terdepan Mahkamah Agung RI akan senantiasa memonitor system jaminan mutu yang ada di wilayah Bali sesuai dengan jadwal;
  5. Pertemuan ini adalah pertemuan IKAHI – dengan Independen, Kompetensi, Akuntabilitas, Harga Diri Pride dan Integritas moral. Dengan 5 (lima) hal tersebut dipenuhi maka dunia peradilan tidak ada berita-berita negative.

Acara dilanjutkan dengan ramah tamah – makan bersama, foto bersama dan bernyanyi bersama seluruh peserta yang hadir. (HNF)


Kembali
Penelusuran Cepat Perkara dari Data Mahkamah Agung RI
Kunjungi
Sistem Penelusuran Perkara Pengadilan Negeri Semarapura
Kunjungi
Perpustakaan Pengadilan Negeri Semarapura "Buku Adalah Jendela Dunia"
Kunjungi
Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH)
Kunjungi
Website Informasi Sebaran COVID-19
Kunjungi
E-Learning Mahkamah Agung
Kunjungi
Hari Ini576
Kemarin834
Minggu Ini4802
Bulan Ini25708
Keseluruhan180701